9 Tips Menciptakan Hunian Yang Sehat

Rumah sehat yang bebas dari kuman dan sarang penyakit tentu dapat mendukung kesehatan para penghuni rumah. Meski kerap terabaikan tetapi mewujudkan rumah yang sehat bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dapat dilakukan. Sehingga kesehatan anda dan keluarga akan selalu terjaga.


Rumah yang bersih dan sehat dapat Anda wujudkan dengan menerapkan beberapa cara dibawah ini :

1. Menghindari bahan matrial yang berbahaya
 
Hindari penggunaan material yang mengandung zat kimia berbahaya pada bangunan rumah. Rumah bisa dikatagorikan sehat jika mengandung timah hitam tidak lebih dari 150 ugm3 dan asbes bebas tidak melebihi 0,5 fiber/m3/4 jam. Penggunaan material PVC juga cukup berbahaya, karena bahan ini dapat menghasilkan gas berbahaya bagi kesehatan. Beberapa cat sintetik dan thinner juga dapat membahayakan. Karenanya memahami material diperlukan agar tidak salah dalam pemilihannya.

 2. Pengoptimalan pencahayaan alami
Pengoptimalan pencahayaan alami dalam hunian Penting adanya, karena dapat mempengaruhi aktivitas yang berdampak pula pada kesehatan tubuh. Pencahayaan alami dapat mengurangi kelembaban yang berlebihan dan membunuh bakteri. Kurang terpapar pencahayaan menyebabkan gangguan konsentrasi, serta dapat berdampak pada kesehatan mata.


3. Membuat ventilasi yang baik
Ventilasi dalam hunin haruslah menggunakan sistem yang bak. Dengan menerapkan sistem cross ventilation, aliran udara yang masuk dan keluar akan terarah dengan baik, sehingga pergerakan udara mampu memenuhi ruang. Hal ini akan membuat Suasana didalam ruangan sejuk tanpa perlu penghawaan buatan.
Luas total ventilasi idealnya 10% dari luas lantai pada masing masing ruangan dan setiap ruangan wajib untuk dilengkapi dengan ventilasi. Udara alami tentunya lebih sehat dibandingkan buatan, sehingga baik untuk mengoptimalkan penghawaan alami pada hunian.

4. Tambahkan taman
Kehadiran tanaman dalam hunian memberikan banyak manfaat, diantaranya membantu mengontrol sirkulasi udara, temperatur hingga kelembaban. Tidak Hanya secara fisik taman juga bisa memberikan efek relaksasi dan penghilangan stress yang baik untuk kesehatan mental dan psikologis.
Namun apabila memiliki hunian yang terbtas, penggunaan vertical garden dapat diterapkan.

5. Tambahkan kolam ikan
Adanya kolam ikan dalam rumah nerupakan salah satu upaya untuk pembasmi jentik jentik nyamuk

6. Menghindari penggunaan kipas angin
Sebaiknya menghindari penggunaan kipas angin. Efek penggunaan kipas angin secara rutin dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, seperti penyakit flek pada paru paru.

7. Gunakan material yang mudah dibersihkan
Rumah sehat adalah rumah yang bersih, bukanlah hal yang mudah untuk tetap bisa menjaga setiap bangunan rumah tetap bersih. Karenanya penggunaan material yang mudah untuk dibersihkan dapat lebih membantu pekerjaan itu. Misalnya gunakanlah cat dinding spotless yang mudah dilap bila terkena noda. Untuk matrial flooring baiknya menggunakan yang tidak bercelah dengan permukaan halus.Untuk karpet sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala.

8. Pengaturan limbah
Pastikan Hunian memiliki pengolahan sampah dan limbah yang baik. Pengaturan sampah dan limbah rumah tangga yang tidak baik dan benar bisa menjadi sumber kuman penyakit. Gunakan septic tank yang sesual standar dan sesuai kebutuhan sehingga tidak mencemari tanah dan sumber mata air didalamnya.
Pisahkan sampah organik dan anorganik, pastikan untuk selalu menutup tempat sampah dan jangan bıarkan sampah rumah tangga tertimbun cukup lama. Selain itu letakan septic tank diusahakan jauh dari sumber air rumah.

9. Sistem air bersih
Saat ini air ledeng banyak mengandung klorin, penggunaan yang berlebihan tentu akan mengganggu kesehatan, yang dapat mengundang berkembangnya sel kanker. Untuk itu pastikan setiap saluran air bersih pada huniah sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan yang baik.









Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "9 Tips Menciptakan Hunian Yang Sehat"

Posting Komentar