Struktur Rangka Atap Pada Kanopi Kaca Tempered Minimalis

Struktur Rangka Atap pada kanopi kaca tempered adalah oganisasi daripada elemen-elemen ataupun komponen-komponen bangunan yang mendukung dapat berfungsinya kanopi kaca dengan baik. Sistem struktur adalah bentuk organisasi daripada elemen-elemen struktur yang ditujukan untuk menyalurkan beban secara karakteristik.

Atap merupakan bagian dari bangunan rumah atau gedung yang letaknya berada dibagian paling atas, sehingga untuk perencanaannya atap ini haruslah diperhitungkan dan harus mendapat perhatian yang khusus dari si perencana (arsitek). Karena dilihat dari penampakannya ataplah yang paling pertama kali terlihat oleh pandangan setiap yang memperhatikannya. Untuk itu dalam merencanakan bentuk atap harus mempunyai daya arstistik.

Penggunaan kaca sebagai atap biasanya pada atap carport, skylight, teras, maupun bagian lainnya. Atap kaca memiliki karakter transparan yang biasanya dibuat untuk menghalangimasuknya hujan, bukan sinar matahari. Kaca yang sebaiknya digunakan memiliki ketebalanminimal 10 mm, berjenis tempered (diproses suhu tinggi sehingga lebih kuat) dan laminated(memiliki lapisan penahan agar pecahan tidak tersebar)

Struktur  Atap Kaca Skylight Prisma

Fungsi utama dari atap adalah sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya terhadap pengaruh panas, debu, hujan, angin atau untuk keperluan perlindungan. Bentuk atap berpengaruh terhadap keindahan suatu bangunan dan pemilihan tipe atap hendaknya disesuaikan dengan iklim setempat, tampak yang dikehendaki oleh arsitek, biaya yang tersedia, dan material yang mudah didapat.

Untuk konstruksi atau struktur pada kanopi kaca tempered umumnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu struktur penutup atap, gording dan rangka kuda-kuda. Penutup atap akan didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk dan reng. Beban-beban atap akan diteruskan ke dalam fondasi melalui kolom dan atau balok.

Penutup atap adalah elemen paling luar dari struktur atap. Penutup atap harus mempunyai sifat kedap air, bisa mencegah terjadinya rembesan air selama kejadian hujan. Sifat tidak rembes ini diuji dengan pengujian serapan air dan rembesan. Struktur penutup atap merupakan struktur yang langsung berhubungan dengan beban-beban kerja (cuaca) sehingga harus dipilih dari bahan-bahan yang kedap air, tahan terhadap perubahan cuaca. Struktur penutup yang sering digunakan antara lain; genteng, kaca, asbes, kayu (sirap), seng, polycarbonat, plat beton, dan lain-lain.

Struktur Kerangka Atap Kaca Skylight Flat

Elemen kaca merupakan unsur material bangunan yang sangat populer akhir-akhir ini, terutama karena penggunaannya pada rumah-rumah tinggal modern semakin diminati. Bahkan kaca adalah material baru yang muncul dalam arsitektur modern. Kaca hadir sebagai material yang unik dengan karakter transparan dengan berbagai aplikasi.

4 faktor yang harus diperhatikan dalam perencanaan Kanopi Kaca Minimalis:
  1. Estetika, sebagai dasar keindahan dan keserasian bangunan yang mampu memberikan rasa bangga kepada pemilknya. 
  2. Fungsional, disesuaikan dengan pemanfaatan dan penggunaannya sehingga dalam pemakaiannya dapat memberikan kenikmatan dan kenyamanan. 
  3. Struktural, mempunyai struktur yang kuat dan mantap yang dapat memberikan kenikmatan dan kenyamanan. 
  4. Ekonomis, pendimensian elemen bangunan yang proporsional dan penggunaan bahan bangunan yang memadai sehingga bangunan awet dan mempunyai umur pakai yang panjang.
Untuk itu dalam merencanakan bentuk atap harus mempunyai daya arstistik. Bisa juga dikatakan bahwa atap merupakan mahkota dari suatu bangunan rumah. Atap sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya, sehingga akan terlindung dari panas, hujan, angin dan binatang buas serta keamanan.

Atap merupakan bagian dari struktur bangunan yang berfungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunan bangunan.Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada di atas untuk menutupi seluruh bagian bangunan.

Konstruksi atap yang baik memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dengan baik. Sudah sewajarnya setiap rumah dilengkapi dengan atap. Atap rumah merupakan bagian dari bangunan yang befungsi sebagai penutup atau pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna bangunan.

Struktur atap pada umumnya juga dibuat dengan mengikuti atau menyesuaikan dengan denah atau bentuk keseluruhan bangunan (desain atap rumah). Jika rumah terdiri atas dua lantai, struktur atap dibuat mengikuti denah atau layout rumah pada lantai dua.


Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Struktur Rangka Atap Pada Kanopi Kaca Tempered Minimalis"

Posting Komentar