Kanopi Kaca Carport Minimalis Modern Tampil Menawan Pada Fasade Rumah Tropis

Fasad bisa dibilang adalah wajah dari sebuah rumah. Dari sanalah penilaian pertama sebuah rumah tercipta. Bahkan tampak depan bangunan itu juga bisa menjadi penanda; pembeda antara satu rumah dengan rumah yang lain. Menjadi semacam identitas, bukan hanya identitas bangunan, tetapi juga identitas pemiliknya.

Fasad adalah istilah arsitektur yang berarti tampak depan bangunan yang umumnya menghadap ke arah jalan lingkungan. Fasad merupakan wajah yang mencerminkan citra dan ekspresi dari seluruh bagian bangunan, bahkan bisa menjadi jiwa bangunan.

Selain Fasad Kanopi juga bisa dijadikan sebagai point of view atau fokus pandangan utama pada sebuah bangunan. Untuk memunculkan nuansa yang demikian tentu desainnya harus dibuat istimewa sehingga memunculkan kesan yang lebih spesifik dibandingkan dengan bagian bangunan lainnya.



Fasade sebagai bagian terluar dari arsitektur bangunan, tampak eksterior akan menjadi bagian terdahulu yang paling kritis serta rentan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem dan cepat.

Ancaman terbesar yang dihadapi oleh bangunan yang berada di iklim tropis adalah sebagai berikut :
  • Panas matahari yang bersinar sepanjang tahun.
  • Kelembaban udara yang tinggi.
  • Terpaan air hujan. 
Ketiga hal tersebut bakal mengakibatkan kerusakan pada bangunan, seperti fasad berlumut, bangunan yang retak-retak kecil pada dinding, dan warna bangunan menjadi mudah pudar baik pada dinding, cat, maupun kusen-kusennya.

Keterbatasan suatu lahan yang kurang memadai memang menjadikan carport menjadi sebuah alternatif yang efisien bila dibandingkan dengan garasi. Sebagai sarana untuk memarkir kendaraan seperti mobil, carport yang tersedia pada rumah-rumah yang dijual developer/pengembang terkadang tidak dilengkapi dengan kanopi yang berfungsi sebagai atap untuk melindungi kendaran dari sinar matahari langsung maupun hujan.

Carport yang disediakan pengembang pada umumnya hanya dibuat dengan menggunakan semen begitu saja, dan kurang standard untuk diterapkan pada rumah idaman Anda. Oleh karenanya untuk melindungi asset yang berharga dalam keluarga, tidaklah berlebihan bila Anda merancang bangunan kanopi  pada fasad rumah. Pilihan pada kanopi dengan atap kaca merupakan pilihan cerdas, karena selain memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang tampilan kanopi kaca juga akan mengangkat desain fasad rumah menjadi semakin cantik dan tampil menawan di lingkungan sekitarnya,

Untuk mendapatkan tampilan kanopi carport yang menawan pada fasad rumah, maka ikutilah beberapa langkah berikut  :
  1. Lakukanlah pengukuran luas area carport yang dibutuhkan untuk melindumgi kendaraan Anda. Luasan minimal yang dibutuhkan umumnya adalah 3 m x 5 m, biasanya sebuah kanopi harus sesuai dengan luasnya carport atau kendaraan, agar kendaraan anda full tertutupi oleh atap atau kanopi yang telah terpasang agar kendaraan benar-benar terhindar dari paparan sinar matahari langsung dan paparan air hujan.
  2. Mempertimbangkan ketinggian kanopi yang akan dibuat, dengan mempertimbangkan ketinggian kendaraan yang dimiliki dan ketingggian fasad rumah. Buatlah bagian belakang kanopi selalu lebih tinggi dibandingkan bagian depannya, cukup dengan perbedaan level 20 cm air yang datang diatas kanopi sudah dpat mengalir lancar kearah buangan yang direncanakan.
  3. Pilihlah bahan atap kanopi yang kuat dan aman. Pilihan pada elemen kaca tempered atau laminated merupakan pilihan yang paling tepat bila Anda berdasar pada bentuk tampilan dan kekuatan yang dimiliki. 
  4. Struktur kerangka ataupun ting penyangga sebuah kanopi haruslah kuat dan kokoh material tersebut biasanya terdiri dari material besi holoa berbentuk kotak, ataupun material baja WF, sehingga sehingga menambah kental kesan simple modernnya untuk tampilan kanopi carport.
  5. Finishing pada struktur kerangka menggunakan cat duco, guna mendapatkan tampilan yang indah, untuk tidak dilupakan  sebelum proses duco struktur logam ini dilakukan treatmen dengan lapisan anti karat yang berbahan epoxy. Pengecatan duco dengan bahan epoxy akan menghasilkan laisan cat yang kuat sehingga terhindar dari proses korosi pada logam.



Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Kanopi Kaca Carport Minimalis Modern Tampil Menawan Pada Fasade Rumah Tropis"

Posting Komentar