Kanopi Kaca Carport Dengan Sistem Cantilever

Seperti halnya kanopi minimalis yang kini sedang menjadi trend, maka pemasangan kanopi kaca pada carport guna melindungi mobil juga merupakan salah satu  kewajiban yang harus dipenuhi, mengingat keterbatasan lahan pada bangunan rumah.  

Mengingat fungsi carport untuk melindungi kendaraan, maka dalam proses pembuatannya pun harus memperhatikan beberapa elemen penting agar fungsinya juga bisa maksimal. Misalnya saja, pada pemilihan bahan material yang akan digunakan untuk kanopi carport. Dalam penggunaan material kanopi carport ada baiknya disesuaikan dengan desain karport dan desain rumah itu sendiri. 

Pembuatan sebuah kanopi carport juga harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu untuk memaksimalkan fungsi tersebut. Konsep yang dibuat juga harus selaras karena letaknya yang menyatu dengan fasad rumah, sehingga carport akan nampak harmonis dan menyatu dengan rumah. Dalam pemilihan kanopi, hal yang paling penting adalah rangka yang kuat, ringan dan tahan akan cuaca apapun. Kegunaan dari pemilihan ini agar carport tidak terlalu panas pada waktu siang hari. 

Kanopi Kaca Menampilkan estetika dan keindahan

Struktur rangka kanopi berfungsi untuk menahan bebannya sendiri, tanpa ada beban aktifitas orang atau beban tambahan, beban eksternal hanya berasal dari beban perubahan cuaca yang ditimbulkan dan tampias air hujan dan pergerakan angin. Pilihan model kanopi minimalis harus disesuaikan dengan desain rumah atau bangunan sehingga selain melindungi rumah kanopi juga menampilkan nilai estetika dan keindahan.

Kanopi kaca model minimalis cocok untuk rumah desain minimalis dan tropis, Struktur rangka kanopi terdiri dari tiang penopang dan penutup atap. Pilihannya berupa rangka konsol, yakni rangka yang berbentuk segitiga siku siku. Rangka ini di dinabolt ke tembok, Aplikasi rangka ini umumnya untuk jendela. Akan tetapi jika kanopi memiliki panjang lebih dari 1,5 m, misalnya untuk kanopi teras, maka ia perlu ditopang dengan kolom praktis. Hal ini untuk mencegah atap melendut atau patah karena tidak mampu menahan beban layan, beban struktur dan beban sendiri, juga beban pergerakan angin.

Seperti juga aplikasi untuk balkon, aplikasi struktur kanlilever untuk kanopi meniadakan tiang tiang penyangga. Sebagai gantinya, mengalirkan beban ke balok yang akan diteruskan kolom ke fondasi. Prinsipnya sama dengan struktur kantilever yang digunakan untuk balkon. Hanya saja beban yang ditanggung pada kanopi berbeda dengan balkon.

Aplikasi menyaratkan panjang maksimal 1,5 m. ini demi menyalurkan beban sesuai kapasitas beban yang diterima, Jika lebih dari 1,5 m, maka kanopi wajib untuk dibantu dengan kabel baja. Kanopi berkonsep struktur kantilever cocok untuk rumah berkonsep modern, selain berpenampilan ringan struktur juga tidak mengganggu ruang dibawahnya.

Kanopi Kaca Berkonsep Struktur Kantilever

Pada sebagian orang yang ingin membangun kanopi carport dengan memanfaatkan area teras rumah banyak yang masih bingung dan diliputi kebimbangan dalam pemilihan atap penutupnya. Dikarenakan material bahan penutup atap akan menyebabkan area teras menjadi gelap. Sementara kendaraan yang dimiliki merupakan aset keluarga yang sangat berharga, dan bila tidak dilindungi akan terserang panas, hujan dan cuaca ekstrim lainnya.

Ketika Anda memutuskan untuk membuat kanopi kaca dengan sistem cantilever, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya struktur tembok bangunan yang akan menjadi tumpuan beban kanopi kaca tersebut. Karena tidak menggunakan tiang tumpuan, maka material yang dipergunakan lebih bijak untuk menggunakan yang lebih ringan.

Anda pun perlu memperhatikan ketebalan kaca. Bila kaca yang Anda gunakan tipis, rusuk pada rangka penopang sebaiknya dibuat lebih banyak dan rapat. Berilah jarak antar rusuk 50 - 100 cm . Kaca dengan ketebalan 8 mm lebih baik digunakan untuk bentangan pendek. Sementara itu, gunakan kaca berketebalan 10—12 mm untuk bentangan panjang. Jenis kaca yang bisa Anda gunakan sebagai atap pada kanopi kaca carport adalah kaca yang sudah melalui proses tempered atau laminated.


Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Kanopi Kaca Carport Dengan Sistem Cantilever"

Posting Komentar