Efisiensi Dengan Skylight Untuk Menghemat Anggaran Belanja Listrik

Efisiensi adalah ukuran tingkat penggunaan sumber daya dalam suatu proses. Semakin hemat/sedikit penggunaan sumber daya, maka prosesnya dikatakan semakin efisien. Proses yang efisien ditandai dengan perbaikan proses sehingga menjadi lebih murah dan lebih cepat.

Pencahayaan atau lighting adalah salah satu elemen penting yang perlu untuk dipertimbangkan dalam perancangan interior maupun arsitektur. Pencahayaan atau lighting selain berfungsi sebagai penerangan juga dapat dijadikan sebagai aksesoris untuk memberi nilai estetika sebuah ruang maupun fasad. Pencahayaan terbagi menjadi dua berdasarkan sumbernya yaitu pencahayaan alamiah atau daylighting dan pencahayaan buatan atau disebut dengan artifcial lighting.

Atap Kaca Skylight
Kaca Skylight Untuk Mendapatkan Cahaya Alami

Pencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari, sinar alami mempunyai banyak keuntungan selain menghemat energi listrik juga dapat membunuh kuman. Untuk mendapatkan pencahayaan alami pada suatu ruang diperlukanjendela-jendela yang besar ataupun dinding kaca sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai bangunan.

Menghadirkan bukaan transparan pada atap atau lebih populer disebut skylight merupakan cara paling ampuh bagi Anda yang mendambakan pencahayaan alami di dalam rumah. Pada prinsipnya skylight hampir serupa dengan jendela, yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Bedanya, skylight terletak di langit-langit sehingga aplikasinya lebih efektif untuk menerangi ruangan. Anda pun bisa menghemat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

Skylight Kaca

Jika diterjemahkan skylight adalah cahaya langit, jadi pada intinya adalah bagaimana membuat bukaan atau jendela pada atap rumah sehingga cahaya dari atas bisa masuk ke dalam ruang rumah dan ini ni merupakan satu solusi yang tepat jika rumah Anda memiliki keterbatasan lahan, kiri kanan mepet: dengan tetangga, sehingga ada bagian-bagian dari ruang rumah yang tidak memiliki bukaan keluar yang berakibat cahaya dan udara tidak dapat masuk ke dalam ruang rumah.

Saat ini diluar fungsi utamanya Skylight juga banyak diterapkan pada rumah-rumah bergaya modern untuk membuat efek-efek cahaya yang dramatis pada ruangan di bawahnya, serta memperkuat kesan modern pada bangunan.Skylight menjadi pilihan yang populer lantaran memberikan unsur estetis pada rumah. Selain itu Skylight juga penting bagi rumah-rumah yang ingin memiliki unsur ramah lingkungan di dalamnya.
Atap Kaca Skylight
Kaca Skylight Pada Area Innercourt Yard
Secara fungsinya ada Skylight yang dibiarkan terbuka karena di bawahnya ada taman atau kolam atau ditutup dengan bahan tembus pandang agar cahaya tetap dapat masuk ke dalam ruangan.

Dari letaknya skylight ada yang dibuat di atas atap datar dak beton tapi ada juga yang dibuat di atas atap miring.Tapi jika letaknya di atas atap miring dan ruangan di bawahnya memiliki plafond datar anda harus menaikkan dinding di sekitar lubang skylightt tersebut sebagai tumpuan untuk konstruksinya atau bisa juga langsung membuat coakan di atas atap miring tersebut jika anda menggunakan atap dengan konstruksi besi baja, tapi tetap membuat dinding partisi dari bahan gypsum atau sejenisnya untuk menutup lubang antara plafond dan skylight tersebut .

Kanopi Kaca Skylight Stopsol
Kaca Skylight Dengan Menggunakan Jenis Stopsol


Kaca reflektif adalah jenis kaca yang mampu memantulkan cahaya dan mereduksi sifat tembus pandang dari sisi luar, sehingga sering pula disebut dengan kaca one way. Pada produk Asahimas kaca ini disebut dengan istilah kaca stopsol. Dalam pembuatannya, kaca ini dilapisi dengan pelapis transparan tipis dari oksida logam (sebagai lapisan pemantul) melalui proses pyrolysis.

Lapisan kaca refletif ini bersifat memantulkan cahaya dan panas, serta mampu memberikan penampilan yang mewah, sekaligus menurunkan beban energi pengkodisian udara. Lapisan coating reflektif ini dapat dilapiskan pada kaca clear maupun panasap (warna) blue, dark blue, grey dan green.

Kaca ini biasa digunakan pada bukaan pintu atau jendela dinding luar, yang diharapkan berpenampilan mewah pada bangunan. Untuk bangunan bertingkat, terutama digunakan digunakan pada tipe dinding kaca eksterior (curtain wall). Pengaplikasian pada skylight menyebabkan ruang dibawahnya tidak menjadi panas sehingga penggunaan AC pada ruang ini bersifat hemat, karna AC tidak bekerja berat.

Demikian sekelumit informasi pemanfaatan Skylight pada rumah Anda, nantikan artikel kami selanjutnya di webblog ini.



 Untuk Konsultasi dan Pembuatan Janji Survey (GRATIS)
 bisa hubungi kami innovaglass97@gmail.com atau
telepon langsung ke :  0856-7823-744 / 
0813-1087-4100 / 0812-9657-2133 / WA : 0813 - 1087 - 4100 /
 BB. 528F558A
Kami akan datang dengan membawa produk berkualitas tinggi untuk bangunan Anda.

 KAMI MELAYANI PEMESANAN DARI SELURUH DAERAH JABODETABEK, JUGA LUAR KOTA.




Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Efisiensi Dengan Skylight Untuk Menghemat Anggaran Belanja Listrik "

Posting Komentar