Arsitektur Kaca Tempered Pada Bangunan Modern

Aplikasi kaca tempered sudah umum digunakan di hampir semua ruangan yang ada dalam suatu bangunan/rumah. Rumah dengan konsep modern minimalis sangat “memanjakan” penggunaan kaca, bisa dilihat dari bagian terdepan dimulai dari canopy, pintu utama, partisi antar ruangan, atap transparan untuk pencahayaan alami, railing tangga dan masih banyak lagi. Orang sudah tidak kuatir lagi menggunakan material kaca dengan adanya kaca tempered/safety glass.

Pintu kaca sering digunakan terutama untuk bangunan perkantoran. Jenis pintu kaca secara garis besar terdiri dari dua macam yaitu pintu kaca frameless dan pintu kaca dengan frame (bisa frame aluminium atau kayu).

Pintu kaca frameless adalah jenis pintu kaca yang tidak menggunakan frame aluminium atau kayu untuk daun pintu dan tidak menggunakan kusen. Daun pintu kaca frameless yang bisa terdiri dari satu daun (jenis pintu single) atau dua daun (jenis pintu double) biasa menggunakan material kaca tempered 12 mm agar terjamin kekuatan dan keamanannya mengingat daun pintu sangat dinamis terus menerus dibuka dan ditutup.


Pintu frameless sering digunakan di bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan atau mall. Umumnya pintu kaca frameless dikombinasikan dengan dinding partisi kaca tempered. Partisi kaca dan pintu kaca frameless sering digunakan untuk pembatas ruang rapat, ruang kerja di area perkantoran serta untuk pembatas area tenant / toko pada pusat perbelanjaan.

Jenis kaca yang digunakan umumnya adalah kaca bening atau clear glass tempered. Jika ingin ada motif pada kaca bisa mnggunakan stiker sandblast yang dibentuk sesuai motif yang diinginkan misalnya garis-garis vertikal, garis-garis horisontal, atau motif pola tertentu.

Saat ini aplikasi pintu kaca tempered frameless sudah menjadi trend baik itu pada kompleks perkantoran, pusat perbelanjaan, maupun rumah pribadi. Sistem pintu kaca frameless memberikan kesan ruangan lebih luas sehingga banyak dijadikan pilihan. Kesan minimalis yang ditimbulkan dari pintu kaca frameless juga merupakan alasan lain kenapa banyak diadopsi untuk gaya arsitektur bangunan/gedung di masa sekarang.

Floor Hinges Merupakan komponen yang sangat penting dari hardware pintu frameless, sebagai engsel yang tertanam dalam lantai dan berfungsi untuk buka tutup pintu tanpa menimbulkan risiko kerusakan untuk pintu kaca. Selain itu dalam komponen floor hinges terdapat mekanisme pegas yang membuat pintu tetap stabil dan tidak terayun berlebihan, jika didorong atau ditarik tidak terlalu berat setelah itu perlahan-lahan bisa menutup sendiri. Ada juga fungsi hold open untuk menahan pintu selalu terbuka secara penuh.

Keunggulan menggunakan floor hinges antara lain adalah mampu menahan beban pintu yang berat (bahkan ada tipe yang bisa menahan beban lebih dari 180 kg), pintu dapat dibuka 180’ atau pintu bisa dibuka tutup dengan didorong dan ditarik, penggunaan floor hinges membuat pintu tampak semakin mewah dan elegan. Kekurangannya mungkin hanya pada harganya yang cukup tinggi untuk merek yang berkualitas baik.

Sangat penting untuk memperhatikan ukuran pintu kaca untuk menentukan beban pintu yang dapat dipikul oleh floor hinges karena floor hinges tersedia untuk beban ringan, sedang, dan berat tergantung juga dari merek dan kualitas floor hinges yang dipilih.


Sistem pintu kaca frameless bertumpu pada floor spring/floor hinge untuk proses buka/tutup. Kualitas floor spring yang handal sangat diperlukan untuk menjaga kelancaran akses keluar masuk dari suatu bangunan/gedung.

Ruang kamar mandi pun tidak lepas dari penggunaan kaca tempered, karena pertimbangan safety atau keamanan menjadi prioritas saat ini. Aplikasi kaca tempered untuk ruang shower pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis sistem:
  • Sistem swing/ayun: pintu dibuka/ditutup ke arah luar/dalam dengan menggunakan engsel shower yang terpasang di tembok(glass to wall) / terpasang di kaca mati(glass to glass), 
  • Sistem sliding: pintu dibuka cengan cara digeser ke kiri/kanan, biasanya di bagian atas pintu dipasang roda yang menggantung pada rel.


Salah satu keuntungan dari sistem sliding adalah penghematan ruangan, di mana ruang shower bisa diminimalkan luasannya karena tidak perlu ada “space” khusus bukaan pintu seperti pada sistem ayun/swing.

Contoh di atas ini merupakan ruang shower dengan sistem sliding di mana rel maupun roda diposisikan di bagian atas. Sistem sliding ini memiliki kapasitas maksimal 50 kg untuk berat pintunya dan direkomendasikan menggunakan kaca tempered dengan ketebalan 8-10mm. Satu set sistem sliding lengkap terdiri dari: rel dengan panjang standard 2m, roda, stopper, guide, dan handle.



Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Arsitektur Kaca Tempered Pada Bangunan Modern"

Posting Komentar