Tips Pemasangan Atap Kaca Skylight

Penerangan dalam rumah dengan lampu idealnya hanya menyala di malam hari, nyatanya tak jarang menyala nonstop 24 jam. Ada kemungkinan karena Anda lupa mematikannya, atau bisa juga karena Anda memang membutuhkannya karena ruangan di rumah Anda tak cukup terang meski di siang hari.

Pembangunan perumahan baru saat ini banyak menggunakan jendela yg besar, dengan tujuan untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami dari matahari. Tahukah Anda, selain penggunaan jendela besar masuknya cahaya alami juga bisa menerapkan penggunaan skylight pada atap rumah.

Untuk memperoleh kualitas yg baik dari pencahayaan yang diinginkan maka didalam perancangannya sangat perlu diperhatikan hal-hal yang mempengaruhi kualitas pencahayaan tersebut. Kualitas pencahayaan alami siang hari dalam ruangan ditentukan oleh
  1. Perbandingan luas lubang cahaya dan luas lantai.
  2. Bentuk dan letak lubang cahaya.
  3. Faktor refleksi cahaya dari permukaan di dalam ruangan.

Atap Kaca Skylight


Secara harfiah Skylight berarti cahaya dari langit. Sesuai dengan namanya, skylight berfungsi untuk memasukan cahaya dari langit ke dalam rumah dengan cara membuat semacam jendela di atap rumah.

Kualitas pencahayaan alami siang hari dalam suatu ruangan dapat dikatakan baik apabila :
  1. Tingkat pencahayaan minimal yang dibutuhkan selalu dapat dicapai atau dilampaui tidak hanya pada daerah-daerah dekat jendela atau lubang cahaya tetapi untuk ruangan secara keseluruhan.
  2. Tidak terjadi kontras antara bagian yang terang dan gelap yang terialu tinggi, sehingga  mengganggu penglihatan

Untuk lebih meningkatkan kualitas pencahayaan alami siang hari di dalam ruangan perlu diperhatikan petunjuk-petunjuk di bawah ini :
  1. Apabila kondisi pada bangunan memungkinkan, hendaknya dalam ruangan dapat menerima cahaya lebih dari satu arah. Hal ini akan membantu meratakan distribusi cahaya dan mengurangi kontras yang mungkin terjadi.
  2. Untuk memanfaatkan sebaik-baiknya pemasukan cahaya alami kedalam ruangan, hendaknya permukaan ruangan bagian dalam menggunakan warna yang cerah.
  3. Vitrase (gorden transparan) dapat membantu membaurkan cahaya, tetapi juga mengurangi cahaya yang masuk. Pengurangan cahaya dapat mencapai 50% atau lebih tergantung pada bahan yang digunakan.
  4. Kasa nyamuk dapat mengurangi banyaknya arus cahaya yang masuk sekurangkurangnya 15%.
  5. Penggunaan kaca khusus untuk mengurangi radlasi termal sebaiknya tidak mengurangi cahaya yang masuk.

Selain menambah estetika arsitektur bangunan, skylight juga memiliki tiga kelebihan yang bisa Anda rasakan di rumah:
  1. Skylight dapat meningkatkan intensitas cahaya di setiap sudut area bangunan. 
  2. Dengan adanya skylight, Anda tidak perlu khawatir akan pemakaian lampu secara berlebih.
  3. Skylight membuat ruang menjadi sehat

Dengan penggunaan kaca ataupun lapisan film yang tepat, skylight tidak membuat suhu udara di dalam rumah meningkat. Di beberapa negara maju, pemerintahnya bahkan menganjurkan penggunaan skylight.

Atap Kaca Skylight

Jika Anda sedang membangun rumah baru atau berniat merenovasi rumah lama, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan skylight ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mengenai skylight.

1. Model atap untuk skylight
Pertama yang harus Anda ingat adalah skylight tidak dibatasi dengan model atap rumah. Artinya, baik atap berbentuk datar atau pun tidak, bisa didesain untuk pemasangan skylight.

2. Penyesuaian ruang yang cocok
Langkah kedua adalah sesuaikan pemasangan skylight dengan bagian ruangan yang ingin Anda terangi. Dalam hal ini, tentu Anda juga harus mempertimbangkan nilai estetikanya. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah matahari bergerak dari timur ke barat. Jika Anda menempatkan skylight di bagian timur dan barat atap rumah, cahaya yang masuk akan sangat terang. Karena itu, ada baiknya menempatkan skylight di sisi utara atau selatan sehingga cahaya yang masuk lebih lembut.

3. Pemilihan material yang tepat 
Gunakanlah bingkai atau struktur frame yang terbuat dari material besi, baja, aluminium, atau stainless. Sedangkan untuk material atapnya kaca tempered atau laminated merupakan pilihan yang tepat karena bentuk dan kekuatan yang dimilikinya. Kedua jenis kaca ini mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, dan Anda dapat menambahkan kaca film beremisi rendah dalam aplikasinya, yang berfungsi untuk mereduksi panas yang datang.

4. Berkonsultasi dengan ahlinya
Berkonsultasilah dengan para ahli sebelum  mengaplikasikan Skylight di rumah Anda. Meskipun banyak manfat yang diperoleh dengan menghadirkan Skylight dirumah, skylight juga memiliki resiko. Intensitas cahaya yang terlalu tinggi yang jatuh di permukaan yang sama secara terus-menerus bisa menghasilkan dampak negatif, salah satunya membuat warna suatu perabotan memudar.

Pemilihan lokasi skylight, sudut pencahayaan, dan lapisan film harus betul-betul dipertimbangkan sebelum pemasangan. Pemasangan skylight di atas kamar mandi bisa meningkatkan proses kondensasi atau pengembunan, terutama bagi Anda yang tinggal di kawasan beriklim sejuk seperti pegunungan. Saat Anda mandi menggunakan air panas, uap air akan lebih cepat menjadi embun karena sisi luar skylight lebih dingin. Akibatnya, akan muncul kerak atau lumut di permukaan.



 Untuk Konsultasi dan Pembuatan Janji Survey (GRATIS)
 bisa hubungi kami innovaglass97@gmail.com atau
telepon langsung ke :  0856-7823-744 / 
0813-1087-4100 / 0812-9657-2133 / WA : 0813 - 1087 - 4100 /
 BB. 528F558A
Kami akan datang dengan membawa produk berkualitas tinggi untuk bangunan Anda.

 KAMI MELAYANI PEMESANAN DARI SELURUH DAERAH JABODETABEK, JUGA LUAR KOTA.




Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Tips Pemasangan Atap Kaca Skylight"

Posting Komentar