Membangun Carport Idaman Dengan Kanopi Kaca Tempered


Carport adalah tempat parkir kendaraan di dalam area rumah tapi diluar garasi. Bagi yang tidak memiliki garasi ataupun memiliki kendaraan lebih banyak dari kapasitas garasi, maka carport juga bisa berfungsi sebagai garasi. Seiring munculnya permasalahan keterbatasan lahan untuk perumahan yang kian mencuat, terutama di perkotaan, keberadaan carport semakin populer. Carport, yang tadinya hanya dianggap sebagai garasi darurat, bahkan kini nyaris lebih populer dari garasi itu sendir 

Carport biasanya dilengkapi atap dengan tujuan untuk melindungi kendaraan dari air hujan, embun malam dan terik cahaya matahari. Selain itu atap juga punya fungsi yang lain yaitu untuk menjaga agar lantai atau bagian carport yang lain tidak mudah rusak. Atap Kaca Tempered atau laminated merupakan pilihan tepat karna bentuk dan kekuatan yang dimilikinya..

Kanopi Kaca Carport


Berikut adalah hal yang harus diperhatikan bila membangun sebuah carport.

* UKURAN CARPORT 

Ada beberapa ukuran standart atau kurang lebih harus dipenuhi jika membangun sebuah carport agar mampu menampung kendaraan dan yang paling penting memudahkan kita memarkir atau bermanuver pada carport ini. Lebar carport antara 2,5 m – 3 m untuk 1 mobil,.sedangkan untuk 2 mobil minimal lebar antara 4,5 m – 5 m. Panjang carport untuk 1 mobil tentunya tergantung dengan badan kendaraannya. Mobil kecil membutuhkan panjang carport kurang lebih 4 mater, sedang mobil panjang sekitar 5 meter. 

Ketinggian carport usahakan jangan lebih pendek dari 2,5 m. Jarak mobil dengan dinding samping jangan kurang dari 120 cm karena kita membutuhkan ruang gerak di samping mobil antara 80cm-100cm . Jika mempunyai 2 mobil, usahakan jarak antarmobil dalam satu carport minimal 70cm.Sedangkan untuk lantai usahakan membuat perkerasan beton minimal pada landasan roda mobil 45 cm-75 cm sepanjang carport. Buat kemiringan lantai. antara1%-2,5% ke arah depan.

* LETAK CARPORT

Yang pasti ada dihalaman rumah, entah itu didepan, disamping atau bahkan dibelakang tapi harus memperhatikan sirkulasi kendaraan ketika keluar-masuk carport maupun arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan halaman rumah. Untuk hunian rumah yang mempunyai satu tampak depan, harap diperhatikan akses keluar-masuk rumah pada pintu utama. Usahakan letak carport tidak menutupi pintu utama. Jika pada kondisi tertentu letak carport menutupi pintu utama, siasati dengan memberikan penanda menuju akses pintu utama, misalnya berupa pola jalan setapak, pergola, atau penanda lainnya.

* NAUNGAN CARPORT

Beragam pilihan struktur naungan carport mulai dari polycarbonate, kayu hingga beton, tergantung selara dan anggaran tentunya. Penting untuk dipahami bahwa tampilan desain naungan carport berpengaruh secara langsung terhadap tampilan wajah bangunan secara keseluruhan. Oleh karenanya, harus diperhatikan kesesuaian antara konsep desain naungan carpot dengan gaya rumah. 

Rencanakan pembuangan air hujan sejak awal. Jika direncanakan memasang talang, perhitungkan jaringan utilitas yang sudah ada. Pada atap carport yang berupa atap datar dan direncanakan tanpa talang, perhatikan kemiringan dan arah jatuhnya air hujan, jangan sampai terjadi genangan air karena sudut kemiringan yang salah ataupun teras yang becek terciprati air hujan akibat arah jatuh yang salah. Selain atap, perhatikan juga elemen lantainya. Lantai carport juga harus didesain secara benar untuk dapat mengalirkan air menuju saluran yang direncanakan.

* LANTAI CARPORT

Hal paling mutlak untuk diperhatikan tentang lantai carport adalah faktor kekuatannya. Selain itu kemudahan pemasangan, dan perawatan, pemilihan material pun harus memperhitungkan, karena hal ini mempunyai pengaruh terhadap tampilan desain bangunan rumah. Bahan paling murah dan mudah dipasang adalah paving block, hanya saja tampilannya kurang bagus, meskipun ada paving motif, tapi tetap kalah manis jika mempergunakan keramik, atau coral sikat.



Subscribe to receive free email updates:

3do1hmu65rk586jj0ne5m63t80

0 Response to "Membangun Carport Idaman Dengan Kanopi Kaca Tempered"

Posting Komentar